ASUS P5KPL-AM hidup, tapi ga ada suara beep walaupun RAM dicabut.

assalamualaikum.

selamat pagi, siang sore atau malam.
karena saya gatau kalian baca tulisan saya ini kapan, jadi saya sebut semuanya deh.

oke langsung saja, kali ini gue mau sharing soal motherboard asus P5KPL-AM yang sudah lama ga gue pakai karena udh upgrade, tapi mau gue pakai lagi karena  gue butuh connector DB25 nya.
seperti ini penampakan motherboard nya:

yang pertama gue lakukan adalah membersihkan dulu motherboard yang penuh dengan debu, mau dibersihin pakai kuas atau pakai angin kompressor juga boleh, bebas mau yang mana yang kalian suka.
setelah bersih, motherboardnya gue pasang di casing beserta teman-teman nya yaitu power Supply, kipas, ram, connector on off, kabel vga yang ke monitor, mouse, dan keyboard.
abis kepasang semua gue colokin deh kabel yang dari power Supply ke listrik, terus gue pencet deh switch on off nya yang ada di casing, dan alhasil nyala kipas yang ada di processor pun berputar.
tapi setelah gue tungguin, "kok ga ada suara beep dari speaker kecil yang ada di motherboard ya?".
soalnya sering juga pc gue ga bunyi karena ram nya kotor, abis itu gue matiin pc nya, terus gue cabut ram nya, gue bersihin pakai penghapus, kalo ga bersih juga pakai amplas halus juga bisa.
setelah bersih gue pasang lagi ram nya ke pc, terus gue pencet lagi switch on nya, dan berputar lagi kipas nya, tapi masih ga keluar bunyi beep, sama di monitor ga keluar display nya.
karena penasaran gue copot ram nya terus gue nyalain lagi, kipas nya muter tapi kok ga keluar suara beep? harus nya kalo ram ga ke pasang ada suara beep yang konstan, beep..beep...beep kurang lebih seperti itu bunyi nya.
gue ngaso dulu bentar, nyeduh kopi sama ngerokok dulu sambil mikirin kira-kira apanya ya yang salah.
setelah agak segeran karena udh kena kopi sama rokok gue balik lagi ke itu motherboard, kali ini gue copot kipas sama processor nya terus gue hidupin, ternyata masih ga keluar suara beep juga.

karena gue sudah pusing terus ngantuk, karena gue ngerjain ini motherboard abis gue balik kerja, gue pasang lagi processor sama ram nya, terus gue coba lagi, kalo kali ini ga berhasil juga gue beresin terus gue kerjain lagi pas gue libur saja.
setelah processor sama ram ke pasang gue nyalain deh, dan akhirnya......keluarlah suara yang gue tunggu-tunggu, yaitu suara beep yang konstan, ya karena memang ram nya blm gue pasang, jadi bunyinya begitu...hehehe
abis itu gue pasang ram, hardisk sama kabel vga monitor terus gue nyalain, dan alhamdulillah nyala normal lagi.

kesimpulannya gue ga tahu penyakit nya apa kenapa bisa begitu, tapi saran dari gue copot saja part yang nempel di mobo kaya ram kipas, sama processor nya, terus nyalain bentar kira-kira 1-2 menit saja, abis itu pasang lagi deh processor sama kipas dan kawan-kawan nya terus nyalain deh.

oke sekian dulu dari gue semoga bermanfaat dan berguna tulisan gue ini,
terima kasih.
wassalamualaikum.

Comments